Pengertian Variable , Ekpresi dan Flow Control Pada C# (CShape)

Pengertian Variable , Ekpresi dan Flow Control - Bagi seorang programmer tentu tidak asing lagi teori dasar mengenai variable , ekpresi dan flow Control .Pada kesempatan kali ini saya akan membahas dasar teori pemrograman C# atau CShape. Sama dengan bahasa pemrograman lainya juga ada variable , ekpresi dan flow Control namun dalam konteks penggunaan dan penamaanya saja yang berbeda namun fungsinya tetap sama saja. Materi ini saya dapat di semester awal perkuliahan saya , berhubung saya mengambil konsentrasi pemrograman.

Berikut adalah penjelasan mengenai  Variable , Ekpresi dan Flow Control Pada C# :

A. VARIABLE

Variabel merupakan tempat di dalam memori komputer yang digunakan untuk menampung sebuah nilai (data). Dengan menggunakan nama variabel, kita dapat mengakses data yang tersimpan di lokasi memori tersebut.
C# adalah suatu bahasa pemrograman yang strongly-typed yang berarti bahwa semua objek yang digunakan dalam program C# harus memiliki tipe data yang spesifik dan variabel tersebut hanya dapat menyimpan data yang memiliki tipe data yang sesuai. Misalnya jika kita mendeklarasikan variabel bertipe int maka variabel ini hanya dapat menyimpan data bilangan bulat dan tidak dapat menyimpan bilangan decimal. Selain itu C# juga merupakan bahasa yang type-safe, compiler C# akan menjamin bahwa data yang dimasukkan ke suatu variabel adalah tipe data yang sesuai.
B. PENAMAAN VARIABLE

Berikut adalah aturan yang harus dipatuhi untuk memberikan suatu nama variabel dalam C#:
  • Nama variabel sebaiknya menggunakan nama yang berhubungan dengan nilai yang akan ditampung oleh variabel tersebut
  •  Usahakan tidak menggunakan under score ( _ )
  •  Variabel tidak boleh berupa keyword, kecuali diawali dengan karakter @ 
  • C# merupakan bahasa pemrograman bersifat case sensitive (usahakan jangan member nama yang sama dengan hanya membedakan huruf capital dan huruf kecil) 
  • Mulailah penamaan variabel dengan huruf kecil

C. MENDEKLARASIKAN VARIABEL

 Perintah/sintaks pendeklarasian variabel dalam C# adalah sebagai berikut:

Contoh:
int discount;
int a,b,c; (tiga variabel sekaligus dideklarasikan)
string nama;
bool kondisi;
char nilai;
float rataRata;

untuk mengisi sebuah variabel dengan sebiah nilai, kita harus menggunakan operator assignment (=). Operator assignment memiliki arti diisi.

Contoh:
int a,b;
string nama;
a=100;
b=a+100;
nama=”renata”;

D. TIPE VARIABLE

1. Tipe Boolean

Tipe data Boolean akan memiliki dua nilai, yaitu nilai true yang mewakili nilai benar dan nilai false mewakili nilai salah. Tipe data Boolean dalam C# dikenal dengan keyword bool.
Contoh:
bool nilai1;
bool nilai2=false;

2. Tipe Numerik

Merupakan tipe yang digunakan untuk menangani masalah seperti perhitungan angka. Dibawah ini dapat dilihat daftar tipe data yang termasuk kelompok numeric.

3. Tipe Char dan String

Merupakan tipe data yang digunakan untuk memanipulasi data berupa sebuah atau sekumpulan karakter. Tipe data char digunakan untuk mengolah hanya satu karakter dan tipe string merupakan tipe data yang digunakan untuk mengolah sekumpulan karakter.
Contoh:
char nilai=’A’;
string nama=”Sandra”;


E. EKPRESI

Ekspresi adalah statement yang mengevaluasi sebuah nilai. Setiap ekspresi dalam program selalu diakhiri tanda semicolon (;).

Contoh nilaiUlangan=90;

Statement diatas dapat disebut ekspresi karena variabel nilaiUlangan diberi nilai (dievaluasi menggunakan tanda sama dengan) 90.

F. OPERATOR

Dalam membangun ekspresi program dibutuhkan operator. Bahasa pemrograman C# memiliki berbagai operator, di antaranya:

1. Operator Assignment/penugasan

Operator ini bertugas memberikan nilai kepada sebuah variabel/konstanta.
Contoh penggunaan:

<variabel> = <nilai>

Contoh :
nama=”sri”;
harga=20000;

2. Operator aritmatika

Operator aritmatika digunakan untuk manipulasi dan mengelola variabel data numerik. Berikut ini merupakan daftar operator aritmatika dalam C#.
3. Operator Relasional
Operator aritmatika digunakan untuk memanipulasi perbandingan antara dua nilai sehingga menghasilkan nilai bool. Dibawah ini dapat dilihat daftar operator relasional
4. Operator Kondisional
Operator aritmatika digunakan untuk memanipulasi data logika sehingga menghasilkan nilai bool. Dibawah ini dapat dilihat daftar operator kondisional.

G. SELECTION STATEMENT

Selection statement digunakan untuk menentukan bagian mana dari program yang akan dieksekusi selanjutnya. C# menyediakan dua jenis selection statement, yaitu IF dan SWITCH statement.

1. If
Digunakan untuk mengeksekusi kode program jika kondisi tertentu terpenuhi. Sintaks penggunaan if adalah:

2. If-else
Variasi dari if statement adalah if-else. Dalam statement ini, selain menentukan langkah apa yang harus dilakukan jika suatu kondisi terpenuhi, kita juga bisa menentukan langkah apa yang dilakukan jika kondisi tersebut TIDAK terpenuhi. Sintaks if-else adalah:


3. Switch-Case
Statement switch-case berfungsi mengeksekusi blok program dengan membandingkan nilai suatu variabel sebagai pilihan dalam menentukan blok yang akan dieksekusi. Sintaks switch-case adalah:



H. ITERATION STATEMENT

Statement jenis ini digunakan untuk menentukan bagian mana dari program yang akan dieksekusi berulang-ulang dan apa kondisi yang menentukan perulangan tersebut. Dalam C# ada empat iteration statement yang dapat digunakan yaitu: while, do-while, dan for.

1. While
Beguna untuk melakukan perulangan selama kondisi bernilai true. Sintaksnya adalah:

2. Do-while
Sama seperti while yaitu untuk mengulang eksekusi program. Yang membedakan dengan while adalah pengecekan kondisi dilakukan di akhir blok sehingga blok minimal satu kali dijalankan.


3. For
Digunakan untuk mengeksekusi blok program secara berulang-ulang dalam range tertentu.

  • Inisialisasi : nilai awal perulangan, misal int a=1;
  • Terminasi : nilai akhir perulangan, missal 1<10;
  • Increment : nilai penambahan dari nilai inisialisasi, misal 1++;

I. OPERASI BREAK, CONTINUE, DAN GOTO

1. BREAK
Statement break digunakan untuk melompat keluar blok program yang berisi pengulangan.

2. CONTINUE
Statement continue digunakan untuk melanjutkan eksekusi baris program pada pengulangan dengan melompati statement sebelumnya.

3. GOTO
Statement goto digunakan untuk melanjutkan eksekusi program ke blok yang memiliki label tertentu.


Demikian pembahasan dasar mengenai  Variable , Ekpresi dan Flow Control Pada C#. Di atas sudah dijelaskan secara detail tentang masing-masing penggunaan dan fungsinya . Bagi kalian yang baru belajar pemrograman pastikan dasar teori diatas dipahami betul karena akan sangat berguna jika kalian belajar lebih lanjut tentang pemrograman C# khususnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.

Sekian dan Terimakasih.

0 Response to "Pengertian Variable , Ekpresi dan Flow Control Pada C# (CShape)"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan.